Selasa, 23 Oktober 2012

Tema


Tema : Kepuasan Konsumen
Judul : Analisis Kepuasan Konsumen Terhadap Kualitas Pelayanan Rumah Makan Ayam Bakar Masmono cabang Pd. Kelapa


 Teori
Kepuasan menurut kamus Bahasa Indonesia adalah puas,merasa senang ,dan kelegaan seseorang dikarenakan mengkonsumsi suatu produk atau jasa untuk mendapatkan pelayanan. Menurut Oliver (dalam Supranto,2001) mendefinisikan kepuasan sebagai tingkat perasaan seseorang setelah membandingkan kinerja atau hasil yang dirasakannya dengan harapannya.  Tingkat kepuasan merupakan fungsi dari perbedaan antara kinerja yang dirasakan  dengan harapan. Apabila kinerja dibawah harapan,maka pelanggan  akan sangat kecewa. Bila kinerjw harapan,maka pelanggan akan sangat puas. Sedangka bila kinerja melebihi harapan pelanggan akan sangat puas harapan pelangan dapat dibentuk oleh pengalaman masa lampau.
Menurut kotler (1988) kepuasan seseorang setelah membandingkan kinerja atau hasil yang dirasakan dibandingkan dengan harapannya. Jadi kepuasan atau ketidakpuasan adalah kesimpulan dari interaksi antara harapan dan pengalaman sesudah memakai jasa atau pelayanan yang diberikan.  Upaya untuk mewujudkan kepuasan pelanggan total bukanlah hal yang mudah,Mudie dan Cottom menyatakan bahwa kepuasan pelanggan total tidak mungkin tercapai,sekalipun hanya untuk sementara waktu(Tjiptono,1997)
Kepuasan konsumen adalah sejauh mana manfaat sebuah produk  dirasakan (perceived)sesuai dengan apa yang diharapkan pelanggan(amir,2005).  Gaspers (dalam Nasution,2005) mengatakan bahwa kepuasan konsumen sangat bergantung kepada persepsi dan harapan konsumen. Adapun factor-faktor yang mempengaruhi persepsi dan harapan konsumen antara lain :
a         Kebutuhan dan keinginan  yang berkaitan dengan hal-hal yang dirasakan konsumen ketika sedang mencoba melakukan transaksi dengan produsen.
b        Pengalaman masa lalu ketika mengkonsumsi produk dari perusahaan maupun pesaing-pesaingnya
c         Pengalaman dari teman-teman.
Band (dalam Nasution,2005) mengatakan bahwa kepuasan tercapai ketika kualitas memenuhi dan melebihi harapan,keinginan dan kebutuhan konsumen.
Factor –faktor yang mempengaruhi kepuasan konsumen
Lupiyoadi(2001) menyebutkan lima factor utama yang perlu diperhtikan dalam kaitannya dengan kepuasan konsumen,antara lain :
a         Kualitas Produk
Konsumen akan puas bila hasil evaluasi mereka menunjukan bahwa produk yang mereka gunakan berkualitas. Produk dikatakan berkualitas bagi seseoramg,jika produk itu dapat memenuhi kebutuhannya(Montgomery dalam Lupiyoadi,2011). Kualitas produk ada dua yaitu eksternal dan internal. Salah satu kualitas produk dari factor eksternal adalah citra merek.
b        Kualitas Pelayanan
Konsumen akan merasa puas bila mendapatkan pelayanan yang baik atau yang sesuai dengan harapan.
c         Emosional
Konsumen merasa puas ketika orang memuji dia karena menggunakan merek yang mahal
d        Harga
Produk yang mempunyai kualitas yang sama tetapi menetapkan harga yang relative murah akan memberikan nilai yang lebih tinggi
e         biaya
konsumen yang tidak perlu mengeluarkan biaya tambahan atau tidak perlu membuang waktu untuk mendapatkan suatu produk atau jasa cenderung puas terhadap produk atau jasa.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar