JUDUL : Analisis Tingkat Kepuasan Konsumen Terhadap Kualitas Pelayanan RM.Ayam Panggang
BAB I
PENDAHULUAN
1.1
Latar
belakang
Rumah
makan tidak hanya dikenal sebagai tempat untuk makan.tetapi juga dikenal karena
pelayanan yang diberikan,rumah makan harus ditunjang dengan system kualitas
pelayanan yang memuaskan. Apabila konsumen merasa benar-benar puas,mereka akan
membeli ulang atau member rekomendasi kepada orang lain untuk membeli ditemoat
yang sama. Oleh karena itu,setiap pimpinan dari rumah makan yang bersangkutan
harus dapat melihat hal-hal apa saja yang diperlukan oleh para konsumen dan
berusaha untuk menghasilkan kinerja sebaik mungkin sehingga dapat memberikan
pelayanan yang memuaskan bagi para konsumen.
Masalah
pelyanan sebenarnya bukanlah hal yang sulit atau rumit,tetapi apabila hal ini
kurang diperhatikan maka dapat menimbulkan hal-hal yang rawan karena sifatnya
yang sangat sensitive. System pelayanan perlu didukung pleh kualitas
pelayanan,fasilitas yang memadai dan etika atau tata karma. Sedangkan tujuan
memberikan pelayanan adalah untuk memberikan kepuasan kepada konsumen,sehingga
berakibat dengan dihasilkannya nilai tambah bagi perusahaan. Kita ketahui
bisnis Rumah Makan merupakan suatu bentuk usaha yang menawarkan pelayanan
jasa,oleh sebab itu manajemen Rumah Makan harus mempu mengetahui kebutuan serta
keinginan yang mampu menciptakan kepuasaan bagi konsumennya.
Berdasarkan
masalah diatas penulis mencoba untuk menganalisis pengaruh kualitas pelayanan
terhadap kepuasan konsumen dengan judul : “ANALISIS TINGKAT KEPUASAN
KONSUMEN TERHADAP KUALITAS PELAYANAN
RUMAH MAKAN AYAM PANGGANG”.
1.2 Rumusan Masalah
Apakah konsumen merasa puas terhadap kualitas
pelayanan Rumah Makan Ayam Panggang Rawamangun sebagai tempat untuk makan”?
1.3
Tujuan
Penelitian
Adapun
tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui tingkat pelayanan dan
tingkat kepuasan konsumen terhadap kualitas pelayanan Rumah Makan Ayam Panggang
dengan melihat lima dimensi yaitu : kehandalan,daya
tanggap,kepastian,empati,dan berwujud.
1.4
Metode
penelitian
1.4.1
Objek
Penelitian
penelitian
ini dilakukan pada konsumen yang membeli makanan dan minuman di Rumah Makan
Ayam Panggang Rawamangun yang terletak di komplek keuangan Rawamangun
jln.Perhubungan x no.E/10 Jakarta Timur.
1.4.2
Data
/ Variabel
Untuk
menghasilkan penelitian ini maka data yang diambil penulis adalah data
primer,yaitu data yang diperoleh langsung dari objek yang diteliti,dalam hal
ini data diperoleh dari hasil pengisian daftar pertanyaan ( kuesioner) kepada
subyek yang bersangkutan dalam penelitian tersebut adalah konsumen yang membeli
makanan dan minuman di Rumah Makan Ayam Panggang Rawamangun yang ditemui
dilokasi penelitian.
Variabel dalam
penelitian ini lihat dari lima dimensi yang terdiri dari :
1.
Kehandalan
(Reability)
Segala kemampuan untuk
melaksanakan pelayanan yang telah dijanjikan secara pasti dan terpercaya.
2.
Daya
tanggap (Responsiveness)
Reaksi
tanggapan yang cepat dalam memberikan bantuan kepada konsumen secara layak.
3.
Kepastian
(Asurance)
Pengetahuan dan
kesopanan kaaryawan dan kemampuan mereka untuk menimbulkan
kepercayaan.
4.
Empati
(empathy)
Kesediaan
untuk peduli,member perhatian pribadi kepada konsumen
5.
Berwujud
(Tangibles)
Penampilan
fasilitas fisik,peralatan personil materi komunikasi
1.4.3
Metode
Pengumpulan Data / Variabel
Cara
pengumpulan data yang digunakan penulis untuk mendapatkan data/variable dalam
Penulisan Ilmiah anatara lain :
a
Riset
Lapangan
1.
Kuesioner
Untuk
mendapat data primer maka metode pengumpulan data yang diinginkan adalah
kuesioner,yaitu pengumpulan data dengan menyusun daftar pertanyaan secara
tertulis disebarkan kepada para responden untuk memperoleh data serta tanggapan
yang dihadapi.
2.
Wawancara
Pengumpulan
data dengan bertanya langsung kepada pemilik Rumah Makan dan dengan pihak-pihak
tertentu yang berhubunganlangsung dengan pengumpulan data dan penelitian.
b
Riset
Perpustakaan
Dengan
cara penggali teori-teori yang telah berkembang dalam ilmu berkepentingan,yang
relevan dengan topic penelitian. Dalam studi kepustakaan ini penulis mencari
metode-metode serta teknik penelitian baik dalam mengumpulkan data atau dalam
menganalisa data yang akan dipakai sebagai titik tolak pembahasan pada
penelitian ini.
1.4.4
Perumusan
Hipotesis
Hipotesis
adalah pernyataan sementara yang perlu di uji benar atau tidak,hipotesis sangat penting dalam menentukan hasil
penelitian ini. Maka hipotesis dalam penelitian ini adalah sebagai berikkut :
a
Ho
: bahwa konsumen merasa tidak puas terhadap kualitas pelayanan Rumah Makan Ayam
Panggang Rawamangun.
b
Ha
: bahwa konsumen merasa puas terhadap kualitas pelayanan Rumah Makan Ayam
Panggang rawamangun.
1.4.5
Alat
analisis yang digunakan
Sesuai
dengan tujuan penelitian ini yaitu unuk mengetahui tingkat kepuasan konsumen
terhadap kualitas pelayanan yang diberiakn oleh Rumah Makan Ayam Panggang Rawamangun
dengan melihat lima dimensi yaitu :kehandalan,daya
tanggap.kepastian,empati,berwujud. Maka alat analisis yang digunakan adalah :
1.
Metode
Chi Kuadrat(Chi Squer)
Merupakan alat analisis yang digunakan
untuk menghitung perbandingan anatara frekuensi observasi yang benar-benar
terjadi (fo) dengan frekuensi fe.
2.
Metode
Skala Likert
Merupakan alat analisis yang digunakan
untuk mengukur sikap,pendapat dan persepsi seseorang atau sekelompok orang
tertentu tentang fenomena social.
BAB
II
LANDASAN
TEORI
2.1
Kerangka
Teori
2 2.1.1
Pengertian
Pemasaran
Pemasaran banyak diartikan
sebagai kegiatan yang menawarkan produk dan memasarkan suatu
perusahaan,sebenarnya pemasaran tidak hanya mencakup menjual dan periklanan
seperti yang dianggap oleh banyak masyarakat,karena pemasaran juga mencakup
segala jenis kegiatan pengadaan produk,penetapan harga produk dan
mendistribusikan hasil-hasil produk sampai dengan memindahkan pada pihak
pemakai atau konsumen. Bagi perusahaan atau usaha yang bergerak dibidang jasa
bersaing sangat ketat kepada perusahaan atau usaha yang sejenis.
Berdasarkan
pendapat dua orang pakar strategis,Hamel dan Prabalad,definisi strategi adalah
strategi merupakan tindakan yang bersifat incremental(senantiasa meningkat)dan
terus menerus,serta dilakukan berdasarkan sudut pandang tentang apa yang
diharapkan oleh para pelanggan dimasa depan. Dengan demikian,strategi hampir
selalu dimulai dari apa yang akan
terjadi dan bukan dimulai dari apa yang terjadi.
Pengertian
dan definisi mengenai pemasaran sudah banyak dituliskan oleh para pakar
ekonomi,salah satunya oleh Kotler(2001,8) pemasaran adalah individual atau
kelompok mendapatkan dengan menciptakan,menawarkan dan mempertukar produk yang
bernilai dan pihak lain.
2 2.1.2
Kepuasan
Pelanggan
Factor penting yang sekarang
diperhatikan saat ini adalah kepuasan pelanggan,jika pelanggan tidak puas maka
ia akan berpindah ke tempat lain yang lebih baik dan bias memberikan kepuasan.
Semua upaya yang akan dilakukan untuk mencapai mutu dan pelayanan yang tinggi
tidak ada artinya sama sekali jika tidak berusaha untuk memuaskan pelanggan.
Menurut Richard Oliver (Husein
Umar,2003:14) kepuasan pelanggan adalah respon pemenuhan dari konsumen,kepuasan
adalah hasil penelitian dari konsumen bahwa pelayanan telah memberikan tingkat
kenikmatan dimana tingkat pemenuhan ini bias lebih atau kurang.
Menurut Kotler(Freddy
Rangkuti,2003:23) kepuasan pelanggan adalah perasaan senang atau kecewa
seseorang sebagai hasil perbandingan antara prestasi atau produk yang
diharapkan.
2.2
Kajian Penelitian Sejenis
Kajian sejenis yang memiliki kesamaan topic atau variable dengan topic
atau variable yang sedang diteliti.
1.
Judul Pi : Analisis Kepuasan Konsumen Terhadap
Pelayanan Toserba Yogy Cabang Pondok Bambu Jakarta Timur
2.
Judul : Analisis tingkat kepuasan
konsumen terhadap pelayanan produk kecantikan PT. Orindo Alam Ayu ( Oriflame)
BAB III
METODE PENELITIAN
3.1 Objek Penelitian
Penelitian
ini dilakukan pada konsumen yang membeli makan dan minum di Rumah Makan Ayam
Panggang Rawamangun yang terletak di Komplek Keuangan Rawamangun jl.
Perhubungan x no:E/10 Jakarta Timur.
3.2 Data / Variabel yang digunakan
Untuk
menghasilkan penelitian ini maka data yang diambil penulis adalah data
primer,yaitu data yang diperoleh langsung dari objek yang diteliti,dalam hal
ini data diperoleh dari hasil pengisian daftar pertanyaan ( kuesioner) kepada
subyek yang bersangkutan dalam penelitian tersebut adalah konsumen yang membeli
makanan dan minuman di Rumah Makan Ayam Panggang Rawamangun yang ditemui
dilokasi penelitian.
3.3 Metode Pengumpulan Data
Cara pengumpulan data yang
digunakan penulis untuk mendapatkan data/variable dalam Penulisan Ilmiah
anatara lain :
a
Riset
Lapangan
1.
Kuesioner
Untuk
mendapat data primer maka metode pengumpulan data yang diinginkan adalah
kuesioner,yaitu pengumpulan data dengan menyusun daftar pertanyaan secara
tertulis disebarkan kepada para responden untuk memperoleh data serta tanggapan
yang dihadapi.
2.
Wawancara
Pengumpulan
data dengan bertanya langsung kepada pemilik Rumah Makan dan dengan pihak-pihak
tertentu yang berhubunganlangsung dengan pengumpulan data dan penelitian.
b
Riset
Perpustakaan
Dengan cara penggali teori-teori
yang telah berkembang dalam ilmu berkepentingan,yang relevan dengan topic
penelitian. Dalam studi kepustakaan ini penulis mencari metode-metode serta
teknik penelitian baik dalam mengumpulkan data atau dalam menganalisa data yang
akan dipakai sebagai titik tolak pembahasan pada penelitian ini.
3.4 Hipotesis
Hipotesis adalah pernyataan
sementara yang perlu di uji benar atau tidak,hipotesis sangat penting dalam menentukan hasil
penelitian ini. Maka hipotesis dalam penelitian ini adalah sebagai berikkut :
Ho : bahwa konsumen merasa tidak
puas terhadap kualitas pelayanan Rumah Makan Ayam Panggang Rawamangun.
Ha
: bahwa konsumen merasa puas terhadap kualitas pelayanan Rumah Makan Ayam
Panggang rawamangun
3.5 Alat Analisis yang digunakan
3.5.1 Chi Kuadrat (Chi Square)
Merupakan alat
analisis yang digunakan untuk menghitung perbandingan anatara frekuensi
observasi yang benar-benar terjadi (fo) dengan frekuensi fe.
langkah –langkah
perhitungan Chi Kuadrat
a
Menentukan
Formulasi Hipotesis
b
Menentukan
Taraf Nyata dan tabel
c
Menetukan
pengujian
d
Membuat
kesimpulan
Tidak ada komentar:
Posting Komentar