Bab
13 Pengaruh Situasi
1.
Tipe-tipe Situasi Konsumen
a)
Situasi Komunikasi
Situasi komunikasi adalah suasana atau lingkungan dimana konsumen
memperoleh informasi atau melakukan komunikasi. Konsumen mungkin memperoleh
informasi melalui :
§
Komunikasi lisan dengan teman kerabat,atau
wiraniaga
§
Komunikasi non pribadi,seperti iklan
Tv,Radio,Internet,Koran dll.
§
Informasi diperoleh langsung dari took melalui
promosi penjualan,pengumuman di depan toko.
b)
Situasi Pembelian
Situasi pembelian adalah lingkungan atau suasana yang dihadapi konsumen
ketika membeli produk dan jasa. Situasi pembelian akan mempengaruhi pembeli.
c)
Situasi Pemakaian
Situasi
Pemakaian disebut juga situasi penggunaan produk dan jasa merupakan situasi
atau suasana ketika konsumsi terjadi. Konsumen seringkali memilih suatu produk
karena pertimbangan dari situasi konsumsi. Misal: Konsumen Muslim sering
memakai kopiah dan pakaian takwa pada saat sholat atau pada acara keagamaan.
Kebaya akan dipakai kaum wanita pada acara pernikahan atau acara resmi lainya,
dan jarang digunakan untuk pergi bekerja Para Produsen sering menggunakan
konsep situasi pemakaian dalam memasarkan produknya, produk sering diposisikan
sebagai produk untuk digunakan pada situasi pemakaian tertentu.
.
2.
Interaksi INdividu dengan Situasi
Situasi
pembelian mempunyai pengaruh yang nyata terhadap keputusan pembelian konsumen
dengan gaya hidup believer. Hal ini menunjukkan bahwa situasi pembelian mampu
menghadirkan keinginan konsumen untuk membeli karena situasi ini bisa menjadi
stimulus terhadap keputusan konsumen untuk membeli.
Gaya hidup
pembelian juga mempunyai pengaruh yang nyata terhadap keputusan pembelian
konsumen atas sesuatu. Konsumen dengan gaya hidup believer ternyata juga
mengikuti mode-mode pakaian khususnya misalnya celana jeans sehingga gaya hidup
mereka berpengaruh terhadap keputusan pembelian yang dilakukan. Situasi
pembelian dan gaya hidup terhadap mode bagi konsumen dengan gaya hidup believer
ternyata cukup tinggi mampu mempengaruhi keputusan pembelian konsumen dengan
pengaruhnya sebesar 68%. Memahami serta menganalisis pengaruh situasi
dalam proses pembelian barang, banyak konsumen yang di pengaruhi oleh variasi
dari situasi lain yang sesuai dengan keadaan mereka saat itu. Belum tentu saat
orang lain menggunakan produk A saat ia berjemur di pantai tapi bisa saja orang
lain menggunakan produk A sebagai lotion untuk ke kantor atau kemanapun ia
pergi tidak harus saat berjemur saja. Jadi penggunaan produk tertentu tidak
hanya pada satu situasi saja tapi bisa untuk situasi lain untuk orang lain.
3.
Pengaruh Situasi tak terduga
Situasi tidak terduga dapat menjadi pemicu
seseorang untuk membeli suatu barang. Misalnya mahasiswa yang akan mengikuti
ujian dan lupa membawa pensil, maka secara otomatis dia akan membeli pensil sebelum mengikuti ujian tersebut.
Sumber :
http://wartawarga.gunadarma.ac.id/2010/11/pegaruh-situasi-konsumen/
Tidak ada komentar:
Posting Komentar