Kamis, 10 Januari 2013

Pengaruh Individu


Bab 11  Pengaruh Individu

   1.       Pengaruh Kelompok Referensi
Kelompok referensi disebut juga sebagai kelompok acuan. Kelompok referensi merupakan sekelompok orang yang secara nyata mempengaruhi perilaku seorang secara langsung atau tidak langsung. Kelompok referensi ini berguna sebagai referensi seseorang dalam pengambilan keputusan dan sebagai dasar pembandingan bagi seseorang dalam membentuk nilai dan sikap umum/khusus atau pedoman khusus bagi perilaku.
Kelompok referensi terdiri atas dua jenis, yaitu :
-  Kelompok referensi normative
- Kelompok referensi komparati
Jenis–jenis kelompok referensi berdasarkan pengelompokannya, yaitu:
1.    Menurut intensitas interaksi dan kedekatannya:
·         Kelompok primer
·         Kelompok sekunder
2.    Menurut legalitas keberadaan:
·         Kelompok formal
·         Kelompok informal
3.    Menurut status keanggotaan dan pengaruh:
·         Kelompok aspirasi
·         Kelompok disosiasi
·         Primary/secondary
·         Membership

    2.       Pengaruh Kata-kata perilaku konsumen
Menurut Tjiptono (1997), tujuan komunikasi pemasaran dan respon khalayak berkaitan dengan tahap-tahap dalam proses pembelian yang terdiri atas:
1.    Menyadari (awareness) produk yang ditawarkan.
2.    Menyukai (interest) dan berusaha mengetahui lebih lanjut.
3.   Mencoba (trial) untuk membandingkan dengan harapannya, khusus dalam produk berupa jasa tidak bisa dicoba terlebih dahulu.
4.    Mengambil tindakan (act) membeli atau tidak membeli.
5.    Tindak lanjut (follow up) membeli kembali atau pindah merek.

Sumber :

Tidak ada komentar:

Posting Komentar